PERAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DAN LITERASI DIGITAL SISWA - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

PERAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DAN LITERASI DIGITAL SISWA

Perkembangan TIK yang semakin canggih memberikan banyak dampak terutama dibidang pendidikan. Pemanfaatan platform pembelajaran dapat dimanfaatkan sebagai upaya dalam meningkatkan kreativitas guru maupun kemampuan literasi digital siswa. Salah satu platform digital yang dapat digunakan yaitu canva.

Dunia Pendidikan

Mohammad Arif Alfan Hadi, S. Pd., Gr.

Kunjungi Profile
1001x
Bagikan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih memberikan banyak dampak diberbagai bidang kehidupan, baik bidang ekonomi, sosial, budaya, maupun bidang pendidikan. Perkembangan TIK menjadi salah satu alternatif solusi untuk mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas maupun pekerjaan secara cepat dan tanggap. Dalam bidang pendidikan, adanya perkembangan TIK merupakan salah satu bentuk perubahan untuk menyajikan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa. 
Adanya perkembangan TIK dalam bidang pendidikan menyebabkan inovasi dalam bidang pendidikan semakin berkembang, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital untuk kegiatan pembelajaran, misalnya pemanfaatan google classroom, youtube, game edukatif quizizz, canva, dan lain sebagainya. Aplikasi canva merupakan salah satu platform desain dan komunikasi visual online yang diluncurkan pada tahun 2013. Platform ini dapat dimanfaatkan untuk menyajikan pembelajaran secara kreatif dan menarik karena terdapat berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, misalnya pembuatan power point, video pembelajaran, poster, infografis, dan lain sebagainya. 
Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, guru dituntut untuk memiliki kreativitas dalam melakukan inovasi pembelajaran. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitasnya yaitu dengan melakukan kegiatan pelatihan guru secara mandiri, mengikuti program profesi guru (PPG) untuk sertifikasi guru, maupun pelatihan in house learning. Melalui kegiatan pelatihan maupun program pendidikan ini, guru akan memiliki keterampilan dan wawasan mengenai platform-platform digital yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu platform desain canva. 
Di era digital ini, guru perlu memiliki kesadaran untuk terus melakukan inovasi pembelajaran, selain itu perlu adanya dukungan penuh dari pihak sekolah, misalnya dengan melakukan kegiatan pelatihan in house learning untuk meningkatkan potensi dan keterampilan guru agar berkembang sesuai perkembangan zaman, terutama bagi guru-guru yang sudah lanjut usia dan membutuhkan bimbingan lebih untuk menggunakan teknologi. 
Penyajian informasi secara menarik melalui canva akan mempermudah guru dalam menyampaikan informasi dan mempermudah siswa dalam menerima informasi. Oleh sebab itu, platform canva memiliki peranan yang sangat penting dalam menujang keterampilan guru maupun meningkatkan keterampilan literasi digital siswa. Informasi yang disampaikan melalui media secara menarik dan kreatif akan menjadi daya tarik bagi siswa dalam meningkatkan literasi digitalnya. Melalui pembiasaan ini, siswa akan diberikan pemahaman mengenai pemanfaatan literasi digital secara bijaksana.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

MEDIA SOSIAL : SALAH SATU PLATFORM DIGITAL UNTUK PENDIDIKAN YANG DISUKAI GENERASI Z

NAJMA MAKASSAR

Sep 10, 2023
1 min
SELF-EDUCATION : LAWAN HOAX SEJAK DINI

Iin Nuraini

Jan 15, 2024
5 min
3 Langkah yang Perlu Dipersiapkan Satuan Pendidikan untuk Menyelenggarakan P5
5 min
Sisi Lain Tik Tok sebagai Penguatan Literasi Digital bagi Guru dan Siswa
4 min
Belenggu Pendidikan yang Mulai Terlepas
4 min
Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan! Ada Tiga! Apa Saja?
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB