Sekolah yang Berkarakter - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Mei 2024

Sekolah yang Berkarakter

Di era generasi gen Z, anak2 tumbuh dan berkembang dgn perlatan yg canggih jika tdk diimbangi dgn pendidikan karakter sejak dini maka hasilnya tdk akan maksimal.Melalui pemilihan sekolah yg benar yg mengutamakan pendidikan yg berkarakter dan penanaman life skill sejak dini semoga menjadi bekal kelak

Cerita Guru

Herna Mulyani, S.Pd

Kunjungi Profile
90x
Bagikan

Budayakan karakter sejak dini

Nilai-nilai dan karakter budaya bangsa dapat di terapkan di sekolah. Karena sekolah adalah cerminan dari berbagai nilai-nilai budaya bangsa yang sudah ada sejak dulu. Oleh sebab itu  nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa harus di budayakan sejak dini, demi terwujudnya tujuan Pendidikan nasional.

***

Membangun pribadi berkarakter di sekolah tidak hanya tugas seorang guru di sekolah, meskipun guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak pada pada pendidikan formal, melainkan juga tugas keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar, supaya menjadi warga negara yang baik, memiliki kemampuan dan tanggunjawab terhadap generasi bangsanya.

Membangun sebuah karakter peserta didik itu tidak semudah membalikan tangan, sebab tidak hanya melalui sebuah nasihat, perintah atau intruksi, namun melalui proses pembentukan karakter bisa melalui role model, atau memberikan contoh dan teladan. kesabaran, secara konsisten, kebiasaan contoh perilaku pembelajaran sepanjang hayat.

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa hanya memberikan contoh secara teori saja, namun harud diimbnagi dengan contoh langsung, sebab Pendidikan karakter tersebut harus diimplemantasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja pembentukan karakter yang harus dikembangkan sejak dini, terutama dari hal yang paling mudah dilakukan serorang anak yaitu tanamkan sikap :

Karakter religious, tanamkan sikap rasa takut dan patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, sehingga akan timbul sikap taat dan hormat kepada Tuhan sebagai Sang Penciptanya, serta memiliki sikap taat dan rajin menjalankan ibadah sejak dini.

Karakter toleransi, melalui karakter toleransi sebagai wujud dari bukti  memiliki sikap dan tindakan saling menghargai satu sama lain baik dari segi agama, etnis, budaya, suku, pendapat, menghormati perilaku orang lain. Bisa dilakukan dengan berteman dengan siapa saja, tidak memaksakan kehendak orang lain, tidak menganggu orang yang sedang beribadah

Karakter jujur, dengan ditanamkan nilai kejujuran sejak dini anak-anak akan menjadi suatu pribadi yang berkarakter tidak suka berbohong, berkata jujur dan menyampaikan sesuatu sesuai apa adanya.

Karakter disiplin, ini juga sangat perlu ditanamkan sejak dini, baik disiplin pada saat tiba ke sekolah, disiplin mengambil dan mengembalikan sesuatu pada tempatnya, displin pada saat menunggu giliran.

Karakter yang tidak kalah penting yaitu kerja keras untuk dilakukan kelak sebagai bekal kehidupan sehari-hari, Dimana harus memiliki karakter tekun, ulet, cermat, menghargai waktu, berjuang sampai mendapatkan apa yang di harapkan dan tidak mudah menyerah.

Karakter kreatif, inovatif, karakter yang sangat penting juga dikembangkan sejak dini, anak diharapkan memiliki rasa ingin tahu, mandiri, kemampuan untuk menerpakan Solusi dalam pemecahan suatu masalah, menemukan ide-ide baru, selalu berorientasi ke depan, giat belajar dan bekerja sama, serta selalu berfikir dan berwawasan luas.

Sekolah yang mengembangkan budaya karakter dan nilai, sikap dan perilaku sejak dini adalah sekolah yang benar-benar berkualitas, tugas sekolah tidak hanya mengajarkan membaca, menulis, berhitung, namun karakter merupakan pelajaran utama yang harus diaplikasikan dari sejak dini. Pemberian stimulus-stimulus pada anak usia dini tidak hanya tergantung dari sekolah, namun dari pola asuh orangtua di rumah serta di lingkungan Masyarakat. Penanaman karakter sejak dini bisa dilakukan melalui penyampaian dengan cara-cara yang benar dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Karena kegagalan penanaman karakter apalagi jika salah memilih sekolah akan berakibat fatal, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kesuksesan anak dalam kehidupan  sosial di masa dewasanya. Sebab melalui  penanaman karakter di lingkungan sekolah, harapanya anak memiliki kecerdasan intektual dan cara bersikap yang baik. 

Pendidikan karakter tidak hanya terbatas pada suatu pengajaran tentang suatu etika dan moral, tetapi juga meliputi dalam pembentukan sikap, perilaku siswa dalam keberhasilan mereka di sekolah dan dimasa depannya.

Dengan memiliki karakter yang baik setiap individu akan memiliki landasan moral yang kuat, ketermapilan sosial yang baik, memiliki motivasi yang tinggi, serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang berkualitas untuk mengembangkan dalam setiap aspek perkembangan dalam kehidupan mereka.

Pendidikan karakter sangat penting, maka perlu ditanmakna sejak dini. Pendidikan karakter bertujuan untuk membangun nilai-nilai dan norma dalam Masyarakat. Dimana keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan karakter pada anak. Selain itu lingkungan pergaulan dan pertemanan juga mempengaruhi karakter anak. Oleh sebab itu orang tua perlu  mengawasi pergaulan anak-anak dan bijak dalam memilih pendidikan untuk mereka.

Bionarasi : 

Herna Mulyani, S.Pd adalah seorang guru Taman Kanak-kanak yang sampai saat ini masih aktif mengajar di sebuah TK besar di kota Bandung yaitu TK Baruna Bakti. Ia memiliki hobby selain bercerita ia juga mulai senang menulis kisah-kisah inspiratif maupun cerita-cerita pendek tentang fabel. Selain hobby bercerita Perempuan kelahiran Bandung, 19 Maret 1975 ia pun hobby bermain music, ia bahkan menjadi pelatih musik angklung di sekolahnya. Berawal dari mengikuti ajang bercerita Toyota, dan mengikuti lomba bercerita yang di adakan penerbit Erlangga sampai sekarang ia masih memiliki hobby nya tersebut. Jika ingin berkenalan lebih lanjut bisa menghubunginya di nomor whatsapp : 081282877336 atau di [email protected] Semoga tulisan budayakan sekolah berkarakter sejak dini ini dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kisah Seorang Babu Menjadi Guru
Menyoal Sosialisasi Kurikulum Merdeka
Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Digital
7 min
Kolaborasi dengan Siswa Melalui Instagram
3 min
Kenali Tiga Hal Ini, Bikin Kamu Auto Jadi Guru Inovatif

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar