SEHAT-SEHAT KITA SEMUA - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Des 2023

SEHAT-SEHAT KITA SEMUA

semua guru dapat membuat kesehatan mental dengan passionnya masing-masing

Seputar Guru

UMI SETYANINGSIH, S.T., M.Pd

Kunjungi Profile
187x
Bagikan

SEHAT-SEHAT KITA SEMUA

Oleh
UMI SETYANINGSIH, S.T., M.Pd
Guru Mapel IPAS SMKN 1 SAYUNG DEMAK

Kesehatan mental sejatinya adalah kondisi sehat dan sejahtera, yang memungkinkan individu supaya berinteraksi secara positif dengan orang lain, dan mengatasi perubahan hidup. Kesehatan mental bukan hanya tidak memiliki penyakit mental atau gangguan psikologis, melainkan juga kemampuan untuk beradaptasi dan berfungsi secara baik.

Dimensi fisik terkait dengan kesehatan fisik secara keseluruhan, seperti tingkat ketergantungan pada teknologi, gaya hidup yang cenderung kurang aktif secara fisik, dan penggunaan yang berlebihan terhadap media sosial yang berdampak pada aspek fisik dari kesehatan mental. Dimensi emosi terkait dengan aspek emosi guru dalam memanajemen emosi yang dipengaruhi juga faktor usia dan pengalaman hidup dan meningkatkan kesehatan mental seperti kemampuan untuk mengelola stres, memahami dan mengungkapkan emosi dengan sehat, serta memiliki harga diri yang positif. Dimensi sosial terkait dengan pentingnya hubungan sosial dalam kesehatan mental, seperti dukungan teman, keluarga maupun keaktifan  dalam komunitas. 

Berada didalam kehidupan yang dinamakan generasi Z, tentunya yang merasa dalam kehidupan generasi milenial sangat berbeda. Bisa juga dipahami masing-masing diri. Jika segala sesuatu suka dibuat story yang terkadang tidak sama realita jika mau diterima biasa diambil baiknya dibuang yang tidak baiknya.  Tidak semua yang tampak, benar-benar ekspetasinya. Semua perlu komunikasi.  Siswa terkadang membuat story mereka yang bagus-bagus mengarah untuk motivasi baik, kita sebagai guru mendukung supaya menjadi termotivasi baik sesuai dengan ajaran agama yang dianut. Jika siswa membuat story tidak bagus, kita sebagai guru mengarahkan dan mengingatkan peserta didik untuk tujuan sekolah itu apa sesuai dengan ajaran agama yang dianut juga.

Terkadang guru ada spot jantung ketika mendengar kenakalan peserta didik, tetapi kita sebagai guru ingat lagi ke agama dan bukankah kita sudah mempelajari ilmu jiwa mengajar dijenjang kuliah dulu. Sehingga kesehatan mentalguru bisa terjaga. Apalagi kita sudah mengerjakan soal-soal psikotes yang sudah ditempuh berkali-kali, yang menunjukkan kewarasan kita sebagai guru dengan skor yang kita raih.

Kita sebagai guru memberikan pandangan ke peserta didik, sesuatu yang bernilai positif bisa kita gapai. Jangan ada kata tidak bisa atau tidak mampu. Kita sebagai guru juga mencontohkan ke peserta didik mengikuti kegiatan yang  yang positif dan bisa dijadikan contoh ke peserta didik dengan salah satunya mengikuti perlombaan seperti mengikuti lomba artikel  seperti di platform guru inovatif  ini. Peserta didik sudah mempunyai akun masing-masing di id.belajar mereka, mereka bisa membuat apapun di canva yang bagus dengan memakai akun belajarnya. Mereka bisa mengeksplor pengetahuan yang luas. Itu salah satu dari sekian banyak manfaat belajar di era generasi Z sekarang ini.

Guru bisa mengembangkan kreatifitasnya dengan passionnya sendiri-sendiri. Ada yang passion di bidang olah raga, ada yang passionnya mengetik, ada passionnya dibidang lainnya. Dengan mengembangkan passion yang ada dan tidak meninggalkan tugas utama sebagai guru, menurut saya kesehatan mental guru bisa terjaga dan sehat-sehat selalu untuk kita semua.

Didalam agama juga dikatakan Allah tidak  membebani seseorang di luar kemapuannya (Al Baqarah:286)


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kesehatan Mental Guru Kunci Kualitas Pendidikan Masa Kini

Sri Kartini

Dec 19, 2023
3 min
Padlet! Media Kekinian untuk Memotivasi Siswa Lebih Aktif
5 min
Melindungi Pahlawan Tanpa Jubah: Membahas dan Mendukung Kesehatan Mental Guru dalam Pendidikan Modern

idris fadillah

Nov 30, 2023
9 min
Guru, Mari Jaga Kesehatan Mentalmu

Edi Gunarto

Dec 01, 2023
2 min
Guru Bukan Robot, Punya Rasa Punya Hati
5 Tips Meningkatkan Engagement pada Peserta Didik dalam Pembelajaran
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB