Press release GIA 30 | Strategi Jitu PPDB dan MPLS 2024: Sukses Menerima Siswa Baru dan Membangun Generasi Unggul - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Jun 2024

Press release GIA 30 | Strategi Jitu PPDB dan MPLS 2024: Sukses Menerima Siswa Baru dan Membangun Generasi Unggul

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 31 Maret-1 Juni 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #30 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Strategi Jitu PPDB dan MPLS 2024: Sukses Menerima Siswa Baru dan Membangun Generasi Unggul”.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
62x
Bagikan

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 31 Maret-1 Juni 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #30 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Strategi Jitu PPDB dan MPLS 2024: Sukses Menerima Siswa Baru dan Membangun Generasi Unggul”. Event ini dibersamai oleh Dr. Dra. Emy Indaryani, M.Pd., Dipl.CID., MCDH., selaku fasilitator Sekolah Penggerak BBGP Jawa Barat.

Apa itu PPDB?

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah fase awal bagi peserta didik baru dalam memulai perjalanan akademis di lingkungan sekolah yang baru. MPLS tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan siswa kepada fasilitas dan aturan sekolah, tetapi juga untuk membangun fondasi yang kuat bagi siswa dalam hal sosialisasi, adaptasi, dan kesiapan belajar. Melalui berbagai kegiatan yang terstruktur dan interaktif, MPLS membantu siswa mengenali nilai-nilai sekolah, mengembangkan rasa kebersamaan, dan memperkuat hubungan antara siswa baru, senior, serta guru. Pentingnya MPLS bagi peserta didik baru terletak pada perannya dalam mengurangi kecemasan, meningkatkan motivasi, dan menyiapkan siswa untuk meraih sukses di tahun-tahun pendidikan berikutnya.

Press release GIA 30 | Strategi Jitu PPDB dan MPLS 2024: Sukses Menerima Siswa Baru dan Membangun Generasi Unggul

Bagaimana Optimalisasi dalam PPDB?

Optimalisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan langkah penting untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar dan efektif. Salah satu cara untuk mencapai optimalisasi ini adalah melalui refleksi yang bertujuan memantau ketercapaian target pelaksanaan kegiatan serta menemukan kendala yang timbul. Refleksi dilakukan secara menyeluruh pada semua komponen dan target PPDB sehingga solusi yang tepat dan akurat dapat segera ditemukan dan diterapkan pada kegiatan selanjutnya. Dengan demikian, proses PPDB dapat terus diperbaiki dan disempurnakan dari waktu ke waktu.

Baca juga:
Menjelajahi MPLS: Memahami Signifikansi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Untuk mendukung proses optimalisasi tersebut, beberapa strategi dapat diterapkan. Salah satunya adalah meningkatkan intensitas promosi sekolah agar lebih banyak calon peserta didik yang mengetahui dan tertarik untuk mendaftar. Selain itu, jenis promosi juga perlu divariasikan, misalnya melalui media sosial, website sekolah, brosur, dan event promosi. Mengembangkan promosi sekolah secara interaktif juga menjadi strategi penting untuk menarik perhatian calon siswa dan orang tua, seperti melalui webinar, tur virtual, dan sesi tanya jawab online. Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini, sekolah dapat lebih efektif dalam menjaring calon siswa yang potensial dan meningkatkan kualitas proses PPDB secara keseluruhan.

Bagaimana PPDB yang Efektif?

Lebih dari itu, efektivitas PPDB juga tercermin dari tingginya semangat dan antusiasme masyarakat untuk bergabung sebagai siswa di sekolah tersebut. Ketika orang tua dan siswa memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang ditawarkan oleh sekolah, siswa akan merasa lebih yakin dan bersemangat untuk menjadi bagian dari komunitas sekolah. Semangat yang tinggi ini sering kali dipicu oleh berbagai prestasi yang telah diraih sekolah, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Prestasi-prestasi tersebut tidak hanya meningkatkan reputasi sekolah tetapi juga membangkitkan rasa bangga bagi siswa yang sudah bergabung. Ketika siswa merasa bangga dan termotivasi, hal ini akan berdampak positif pada proses belajar mereka, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, strategi promosi yang baik dan pencapaian prestasi yang konsisten adalah kunci dalam membangun sekolah yang dikenal luas dan dihormati oleh masyarakat.

Baca juga:
MPLS atau MOS? Menentukan Mana yang Paling Efektif untuk Memperkenalkan Lingkungan Sekolah

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang efektif memiliki sejumlah indikator yang menunjukkan keberhasilannya, salah satunya adalah tercapainya target sasaran dan kuota yang diharapkan. Sekolah yang mampu mencapai kuota pendaftaran sesuai harapan menunjukkan keberhasilan dalam menarik minat calon siswa dan orang tua. Selain itu, penting juga bagi sekolah untuk dikenal luas oleh masyarakat, terutama mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Ketika masyarakat mengetahui dan memahami fasilitas yang tersedia di sebuah sekolah, seperti laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, dan lain-lain, maka mereka akan lebih yakin dan tertarik untuk mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah tersebut. Hal ini tidak hanya meningkatkan jumlah pendaftar, tetapi juga membantu membangun citra positif sekolah di mata masyarakat.

Mau tahu lebih lanjut mengenai strategi PPDB dan MPLS? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Menjaga Kesehatan Mental Guru Dengan Menerapkan Konsep Ikigai

IQBAL RAP

Dec 04, 2023
3 min
Inovasi dan Sinergi Warga Sekolah Penuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta
2 min
Pentingnya Kesehatan Mental Guru

yunita ariyastuti

Dec 04, 2023
2 min
Hal yang Perlu Dipersiapkan Guru Jelang Tahun Ajar Baru
4 min
Pendekatan Sosio-Emosional Sebagai Solusi Dalam Pengelolaan Kelas

wulan ayua

Nov 28, 2023
2 min
Guru Inovatif Mengajar Sepenuh Hati

MARIA ULFA, S.PD

Sep 10, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar