Peran Penting Literasi Digital Di Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Digital Masa Kini - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 05 Sep 2023

Peran Penting Literasi Digital Di Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Digital Masa Kini

Dilingkungan sekolah literasi digital memiliki peranan penting terutama untuk mencetak siswa yang mempunyai keterampilan teknologi tinggi

Dunia Pendidikan

RISNA WIJIYANTI

Kunjungi Profile
2199x
Bagikan

Digitalisasi dan teknologi yang mengalami perkembangan terus menerus memberikan dampak di berbagai bidang, contoh salah satunya yaitu literasi. Dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilihat beberapa contoh literasi digital untuk meningkatkan keberhasilan pekerjaan. Secara khusus, literasi digital bisa dimengerti sebagai keahlian seseorang dalam memakai teknologi informasi dan komunikasi akhirnya bisa melakukan kegiatan setiap hari dengan mudah. Literasi digital ialah keahlian yang sangat diperlukan untuk hidup, belajar, maupun untuk kegiatan dalam masyarakat semakin majunya akses informasi dan komunikasi. Contohnya, adanya Internet , media sosial, hingga perangkat seluler (Western Sydney:2022)

Dilingkungan sekolah literasi digital memiliki peranan penting terutama untuk mencetak siswa yang mempunyai keterampilan teknologi tinggi. Ada beberapa peranan penting literasi digital disekolah diantaranya :

  1. Penggunaan media sosial untuk berkomunikasi antara guru dengan siswa menggunakan media sosial seperti  FB, email, IG,WA. 
  2. Bagi  guru peran literasi digital sangat bermanfaat dalam mencari bahan ajar. 
  3. Bagi siswa  dapat memanfaatkan literasi digital untuk mengerjakan tugas dengan menggunakan laptop yang tersambung kejaringan internet untuk mengerjakan tugas. 
  4. Mengumpulkan tugas melalui email
  5. Membuat knten kreator pendidikn melalui Youtube, Tik Tok, Snack Video
  6. Kecakapan literasi digital dapat menolong siswa menguasai kecakapan mereka untuk memahami dan mengontrol tantangan ini secara bijak, mencetak siswa warga digital yang dapat bertanggung jawab.

Dengan  adanya literasi digital  disekolah maka baik siswa maupun guru bisa memanfaatkan kecakapan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab. Dengan membentuk literasi digital disekolah dapat mencetak siswa dan guru memiliki kecakapan teknologi yang luar biasa serta dapat menghindari hal hal yang buruk dengan kecanggihan digital masa kini. Semoga pemerintah mengapreasi sekolah untuk menggerakkan program literasi digital tidak hanya sekolah diperkotaan saja namun diseluruh desa bahkan di daerah yang tersisolasi.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Transformasi Pendidikan dengan Literasi Digital: Meningkatkan Kemampuan Siswa dan Guru melalui Platform Digital

Santi Septiani

Aug 03, 2023
6 min
Pentingnya Menumbuhkan Karakter kepada Siswa
MENJELAJAHI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI GAME CANVA DAN POWERPOINT DI SEKOLAH TERPENCIL
Meningkatkan Literasi Digital di Era Digital
Sosial Media sebagai Solusi untuk Mengatasi Gawat Literasi di Indonesia
Contoh Pertanyaan Interview Magang, Simak Tips dan Trik untuk Menjawabnya!

kampus inovatif

Nov 14, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB