Pentingnya Menguasai Bahasa Asing bagi Siswa di Tahun 2024! Ini 5 Aplikasinya - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Jun 2024

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing bagi Siswa di Tahun 2024! Ini 5 Aplikasinya

Menguasai bahasa asing telah menjadi kebutuhan mendesak bagi siswa di tahun 2024. Di tengah globalisasi dan kemajuan teknologi, kemampuan berbahasa asing membuka pintu ke berbagai peluang, baik di dunia pendidikan maupun karier.

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
98x
Bagikan

Menguasai bahasa asing telah menjadi kebutuhan mendesak bagi siswa di tahun 2024. Di tengah globalisasi dan kemajuan teknologi, kemampuan berbahasa asing membuka pintu ke berbagai peluang, baik di dunia pendidikan maupun karier. Menguasai lebih dari satu bahasa tidak hanya memperluas wawasan budaya, tetapi juga meningkatkan keterampilan kognitif dan daya saing di pasar global. Artikel ini akan membahas pentingnya menguasai bahasa asing bagi siswa saat ini dan memperkenalkan lima aplikasi terbaik yang dapat membantu mereka dalam proses belajar. Yuk simak baik-baik Bapak dan Ibu guru!

Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing di era globalisasi ini merupakan keterampilan yang sangat penting dan strategis. Pertama, kemampuan berbahasa asing memperluas peluang pendidikan dan karier. Banyak institusi pendidikan bergengsi dan perusahaan multinasional mensyaratkan kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris, sebagai salah satu kualifikasi utama. Dengan menguasai bahasa asing, siswa dapat mengakses lebih banyak beasiswa, mengikuti program pertukaran pelajar, dan mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Selain itu, kemampuan berbahasa asing juga membuka akses ke literatur, penelitian, dan informasi terbaru yang mungkin tidak tersedia dalam bahasa ibu, sehingga meningkatkan kualitas dan cakupan pengetahuan yang dimiliki.

Baca juga:
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee

Kedua, penguasaan bahasa asing meningkatkan keterampilan komunikasi dan memperkaya wawasan budaya. Dengan mempelajari bahasa asing, siswa juga belajar memahami nilai-nilai, tradisi, dan perspektif budaya lain, yang sangat penting dalam membangun toleransi dan pemahaman antarbangsa. Keterampilan ini tidak hanya bermanfaat dalam interaksi sosial sehari-hari, tetapi juga dalam konteks profesional, di mana kemampuan berkomunikasi lintas budaya sering menjadi keunggulan kompetitif. Selain itu, studi menunjukkan bahwa belajar bahasa asing dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti memori, multitasking, dan problem-solving, yang semuanya berkontribusi pada perkembangan pribadi dan akademik yang lebih holistik.

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing bagi Siswa di Tahun 2024! Ini 5 Aplikasinya
Ilustrasi belajar bahasa Inggris (Gambar: Canva/Odua Images)

Aplikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan berbahasa asing:

1. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang sangat populer dan ramah pengguna. Aplikasi ini menawarkan kursus dalam berbagai bahasa, seperti Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, dan banyak lagi. Duolingo memiliki keunggulan seperti, menggunakan pendekatan elemen di dalam game untuk membuat pembelajaran bahasa menjadi menyenangkan dan interaktif. Siswa bisa belajar melalui latihan yang melibatkan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Duolingo juga memiliki sistem poin dan level yang memotivasi pengguna untuk terus belajar.

2. Rosetta stone

Rosetta Stone adalah salah satu aplikasi pembelajaran bahasa tertua dan paling terkenal. Aplikasi ini menyediakan kursus dalam banyak bahasa dan dirancang untuk membantu pengguna belajar dengan cara yang alami. Keunggulan Rosetta Stone menggunakan metode imersi, di mana pengguna belajar bahasa baru tanpa terjemahan, melainkan melalui gambar, teks, dan suara dalam bahasa yang dipelajari. Ini membantu meningkatkan kemampuan berpikir dalam bahasa tersebut dan mempercepat pemahaman.

3. Babbel

Babbel menawarkan kursus dalam 14 bahasa dan dirancang oleh para ahli bahasa untuk memberikan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan. Keunggulan Babbel fokus pada keterampilan percakapan praktis dan menyediakan pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Setiap pelajaran berlangsung sekitar 10-15 menit, membuatnya ideal untuk belajar saat bepergian.

Baca juga:
Menelisik Urgensi Bahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik

4. Memrise

Memrise adalah aplikasi yang menggabungkan pembelajaran bahasa dengan teknik mnemonik (teknik meningkatkan daya ingat) untuk membantu pengguna mengingat kata-kata dan frasa baru. Keunggulan Memrise menggunakan video dari penutur asli untuk membantu pengguna memahami pengucapan dan konteks budaya. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai permainan dan kuis untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik.

5. HiNative

HiNative adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna belajar bahasa melalui pertukaran bahasa dengan penutur asli dari seluruh dunia. Dengan HiNative, pengguna dapat mengobrol, berbicara, dan berbagi konten dengan penutur asli dalam bahasa yang mereka pelajari. Fitur koreksi otomatis dan penerjemah juga membantu memudahkan komunikasi dan pembelajaran.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya menguasai bahasa asing bagi siswa, dalam hal ini orang tua dan guru perlu memperhatikan setiap aspek yang dapat membantu anak didiknya dengan mengembangkan keterampilan aplikasi yang baik. Semoga artikel ini dapat membantu untuk dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing siswa dalam perkembangan dirinya.

Referensi: 
10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2022 Rekomendasi Glints
11 Manfaat Menguasai Bahasa Asing, Ada Banyak Keuntungannya!

Butuh kursus yang bersertifikat? Yuk, ikuti online course GuruInovatif.id
Akses berbagai topik seputar pengajaran dan softskill yang menarik sesuai kebutuhan guru!

Daftar kursus guruinovatif.id


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

KETIKA BELAJAR TIDAK LAGI MENJADI BEBAN, KURIKULUM MERDEKA SIAP MEWUJUDKAN GENERASI EMAS 2045
2 min
Bahagiakan Jiwamu, Wahai Guru!

Ummu Madinah

Nov 29, 2023
2 min
Peran Pendidikan Konvensional dan Progresif di Era Modern
2 min
Peran Siswa dan Guru dalam Membentuk Masyarakat Sadar Media

Donyawan Maigoda

Aug 07, 2023
2 min
Platform Pendidikan Online sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Guru dan Siswa

ERLINDA HAPSARI

Sep 09, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar