Mudah dan Aman, Inilah Cara Menggunakan PrivyID untuk Tanda Tangan Digital Dokumen Anda - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Mar 2023

Mudah dan Aman, Inilah Cara Menggunakan PrivyID untuk Tanda Tangan Digital Dokumen Anda

Privasi dan keamanan merupakan hal penting dalam kehidupan saat ini. Melindungi data pribadi dari akses-akses yang tidak diinginkan dapat membuat kehidupan Anda lebih aman dan nyaman.

Tutorial

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
3015x
Bagikan

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi telah memudahkan hidup manusia serta memberikan peluang  yang lebih luas dalam hal komunikasi, kreativitas, dan akses informasi. Namun, di satu sisi, kemajuan teknologi juga dapat menjadi ancaman apabila tidak digunakan dengan bijak dan hati-hati. 

Di era digitalisasi ini, hampir semua orang menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, di era saat ini seseorang yang ingin baju baru tidak harus datang langsung ke toko melainkan dapat berbelanja hanya dalam satu ketukan melalui aplikasi belanja elektronik. Begitu juga dengan akses terhadap layanan publik, perusahaan-perusahaan besar pun mulai beralih dari yang konvensional menuju yang digital. 

Tahukah Bapak/Ibu, kalau teknologi juga dapat diterapkan dalam penyusunan administrasi sekolah, berkaitan dengan pencatatan daftar hadir, daftar aset, dan berkas-berkas lainnya lho! Anda tidak perlu untuk mencatat secara manual, membuat kotak-kotak, dan menulis nama peserta didik satu per satu. Melalui aplikasi seperti Word dan Excel pekerjaan Bapak/Ibu akan jauh lebih mudah dan efisien. 

Selain itu, melalui aplikasi digital, Bapak/Ibu juga akan jadi lebih mudah dalam penyusunan administrasi secara digital, salah satunya urgensi terhadap kebutuhan tanda tangan sebagai bentuk keabsahan dokumen. Artikel tentang pentingnya tanda tangan digital bagi administrasi sekolah dapat Anda lihat pada tautan berikutPada tahap ini, kami akan membantu Bapak/Ibu untuk mengenal aplikasi administrasi digital PrivyID. Penasaran apa yang dimaksud dengan PrivyID? dan bagaimana penerapannya? simak penjelasan sampai akhir ya!

Cerdas dan Aman melalui aplikasi PrivyID 

Privasi dan keamanan merupakan hal penting dalam kehidupan saat ini. Melindungi data pribadi dari akses-akses yang tidak diinginkan dapat membuat kehidupan Anda lebih aman dan nyaman. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan aplikasi dan layanan yang dapat membantu mengamankan data Ana yaitu PrivyID. 

Menurut laman Kominfo (2023), PT Privy Identitas Digital (PrivyID) adalah perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik Tersertifikasi dan Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik yang didirikan di Jakarta pada tahun 2016. PrivyID menyediakan layanan tangan digital yang mengikat secara hukum serta identitas digital terpercaya bagi bisnis dan pelanggan untuk terhubung secara langsung.

PrivyID menyediakan layanan dalam tiga jenis produk; PrivyID, aplikasi tanda tangan digital yang memungkinkan penggunanya untuk menandatangani dan meminta tanda tangan secara digital kapan saja, di mana saja; EnterpriseID, aplikasi tanda tangan digital yang dilengkapi dengan fitur-fitur sistem informasi personalia perusahaan, dan; Privy Login, layanan online customer onboarding yang memungkinkan warga negara Indonesia untuk mengakses berbagai jasa tanpa harus mengunjungi kantor cabang penyedia jasa.

Oleh karena itu, berdasarkan uraian di atas, melalui sistem pengamanan yang ketat dan kompleks, priviyID adalah solusi cerdas dan aman untuk membantu Anda dalam menyusun administrasi sekolah dengan lebih maksimal. Owh ya! apabila Bapak/Ibu masih khawatir tentang bagaimana menerapkan administrasi sekolah melalui aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir. Berikut GuruInovatif.id hadirkan langkah-langkah memulai administrasi digital melalui aplikasi PrivyID! simak dengan seksama ya!

Langkah-Langkah Memulai Administrasi Digital melalui PrivyID

Berikut kami uraikan tahapan demi tahapan untuk memulai aplikasi PriviyID. 

1. Langkah pertama, bukalah PrivyID di peramban favorit Bapak/Ibu sekalian. Apabila sudah, pilihlah menu “Masuk” di ujung kanan layar. 

Tampilan awal PrivyID (Sumber: www.privy.id)

2. Selanjutnya, sebagai syarat pendataan, pilihlah kewarganegaraan Bapak/Ibu sekalian. 

Tampilan untuk melengkapi identitas   (Sumber: www.privy.id)

3. Setelah memilih kewarganegaraan, bacalah terlebih dahulu syarat penggunaan dan kebijakan privasi. Apabila telah selesai klik menu “Saya setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan”. Lalu klik lanjut apabila semua tahapan selesai.  

Menu syarat dan ketentuan (Sumber: www.privy.id)

4. Sebagai langkah untuk melindungi berkas Anda dan validasi pengguna, unggahlah Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar terhindar dari pencurian data dan kemungkinan yang tidak diinginkan lainnya. 

Unggahlah KTP Anda untuk data yang lebih kompleks  (sumber: www.privy.id)

5. Langkah kelima yaitu melengkapi data diri. Masukkan data diri Anda dengan teliti, apabila selesai klik menu ‘lanjutkan’.  

Tampilan menu data diri (sumber: www.privy.id)

6. Salah satu ancaman dan tantangan dalam dunia digital adalah pemalsuan dokumen. Oleh karena itu, mengunggah swafoto dapat meyakinkan pemilik layanan untuk memastikan data Anda dan pengguna lain terlindungi. 

Swafoto sebagai bentuk validasi pengguna layanan (sumber: www.privy.id)

 

7. Setelah semua data diri selesai, Anda akan langsung diarahkan ke laman beranda aplikasi. Di sana Anda dapat melakukan berbagai aktivitas administrasi secara digital seperti membeli dan memasang e-materai ke dokumen anda, menyusun file ke dalam beberapa kategori, dan tentu saja akses untuk melakukan tanda tangan secara digital. 

Tampilan beranda aplikasi  (sumber: www.privy.id)

8. Selanjutnya pilihlah menu “Alur Kerja Dokumen”. Di sana Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan seperti tanda tangan diri Anda sendiri dan tanda tangan pihak ketiga. 

Tampilan menu layanan untuk mempermudah administrasi digital  (sumber: www.privy.id)

9. Apabila semua tahapan selesai, pilih menu ‘simpan di bagian kanan atas layar’ 

10. Selamat! Anda telah berhasil menambahkan tanda tangan digital secara aman, efisien, dan efektif. 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan. Dalam era digital saat ini, penggunaan aplikasi seperti PrivyID dapat membantu perusahaan dan individu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Selain itu, keamanan dan privasi data pengguna menjadi hal yang penting, dan aplikasi PrivyID dapat memberikan solusi untuk masalah tersebut. Kami selalu berharap Bapak/Ibu dapat semakin berkembag di era digitalisasi saat ini melalui berbagai macam bahan bacaan tentang teknologi terbarukan. 

Selain melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, Bapak/ibu juga dapat mengasah pengetahuannya di bidang teknologi dan informasi melalui berbagai macam event yang diadakan oleh GuruInovatif.id. Bersama-sama mari kita bangun negeri dengan sepenuh hati melalui peningkatan kualitas diri. Semangat untuk semua guru di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa!

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

INGIN MENJADI GURU INOVATIF ? TERAPKAN 5 LANGKAH INI

Dwi Nugroho

Jul 02, 2022
2 min
Cara Membuat Soal Ulangan dalam Hitungan Detik dengan Aplikasi “Quizizz”

ROMI SAPUTRA

Sep 09, 2023
2 min
Beraksi dan berinovasi dengan media di zaman now memudahkan guru dan menyenangkan siswa
1 min
Membuat Media Pembelajaran Interaktif yang Mengagumkan dengan Canva

SRIAGUNGGB

Sep 08, 2023
3 min
Media Pembelajaran Interaktif: Revolusi Pendidikan Abad ke-21

SRIAGUNGGB

Sep 08, 2023
6 min
Memanfaatkan sampah sebagai salah satu media inovasi pembelajaran
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB