Meditasi Pagi Sekolah Sariputra - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Mei 2024

Meditasi Pagi Sekolah Sariputra

Meditasi adalah salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan konsentrasi belajar. hanya diperlukan kemauan dan semangat untuk merubah ke hal yang lebih baik lagi, tanpa mengeluarkan biaya.

Cerita Guru

Sri Mukti Handayani

Kunjungi Profile
209x
Bagikan

Kring kring kring .... Bell sekolah berbunyi  pukul 07.15,  menandakan murid-murid di Sekolah Sariputra, bersiap berbaris untuk masuk kelas. Anak-anak yang datang lebih awal, ada yang sedang berlarian di lapangan, terlihat ada yang sedang membaca buku di kelas, juga bercengkrama dengan teman-teman atau warga sekolah lainnya di teras kelas, segera berhamburan menuju ke depan pintu kelas untuk berbaris sambil menyanyikan lagu mars sekolah dan lagu nasional, dengan ditemani wali kelas. Mereka melakukannya dengan riang gembira dan  penuh semangat. 

Kegiatan pagi yang sama pada umumnya, di setiap hari, di sekolah mana pun.  Kegiatan pagi yang tentunya sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup pendidikan anak-anak Indonesia. Mereka berbaris, lalu mengucapkan salam. Hal ini bisa membentuk peserta didik memiliki kedisiplinan dan rasa saling hormat dan menyayangi satu sama lain, antar warga sekolah.  Tentunya masih ada banyak cara lain untuk memberikan fasilitas yang bijak  buat  peserta didik di dalam dunia pendidikan. 

Salah satunya dengan MEDITASI pagi yang sangat bermanfaat, yang dilakukan di sekolah Sariputra.  Walaupun dilakukan hanya  5 menit, tetapi  konsisten dilakukan setiap hari. Meditasi sangat baik dilakukan pada semua jenjang pendidikan. Meditasi dapat melatih pikiran positif dan mengatur emosi. Hal ini akan sangat membantu peserta didik untuk bisa mencerna dengan baik semua materi yang disampaikan oleh guru. Meditasi yang dilakukan secara rutin dapat mengaktifkan gelombang otak yang memiliki peranan  penting dalam proses belajar mengajar. Mereka akan menjadi fokus belajar dan berkegiatan.

Terkadang di lingkungan sekolah,  mereka para warga sekolah,  ada yang saling berselisih paham, sehingga timbul rasa ketidaknyamanan di sekolah, sehingga menimbulkan kesalahpahaman bisa sampai terjadi perselisihan kata, bahkan fisik. Juga perundungan sangat rawan, bisa saja terjadi di sekolah-sekolah. Dalam hal ini meditasi bisa menjadi solusi terbaik untuk bisa berlatih bijak dalam mengambil keputusan dan solusi.

Meditasi juga bisa menjadi solusi yang mudah dan tidak memakai dana. Asalkan ada kemauan dan semangat untuk berubah ke arah yang lebih baik. Peserta didik yang cerdas, tentunya akan terlatih dalam banyak hal kehidupan, karena dapat mengelola emosi atau keinginannya dengan baik dan selalu bersemangat dalam berproses mencapai cita cita. Semangat Perubahan !!


Penyunting: Putra

5

0

Komentar (5)

rachel siloam

May 28, 2024

Ini saangat luar biasa, kami para rekan BK juga merasakan betapa itu penting.

Laksmi Citra Widuri

May 22, 2024

Wahh, menarik yaa😍

Sri Mukti Handayani

May 31, 2024

Terima kasih 😇🙏

Balas

Mama Juan

May 21, 2024

Dengan adanya pembiasaan diri anak2 diajarkan disiplin dan meditasi menjadikan anak2 fokus dan tenang. Selalu berkarya dan semangat Miss

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kebahagiaan Seorang Guru
Profil Pelajar Pancasila : Roh Kurikulum Merdeka
Guruku Inspirasi Kesehatan Mentalku
Tantangan Guru di Masa Pandemi
3 min
Pengorbanan Panjang Di Ujung Jampea Yang Berujung Bahagia
4 min
Tetap Berliterasi Kala Pandemi

Bona Ventura

May 09, 2022
7 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar