Literasi digital Bagi Milenial dan Gen Z - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2023

Literasi digital Bagi Milenial dan Gen Z

Generasi milenial ini merupakan generasi yang sangat dekat dengan dunia digital dan sebagai ruang pribadi untuk memperoleh dan berbagi segala bentuk informasi yang ditemui. Melalui internet di era digital sekarang ini, dunia mudah dipengaruhi oleh apapun

Berita

Zabrida Zarra Zetta

Kunjungi Profile
1347x
Bagikan

Di era digital yang semakin maju saat ini, literasi digital atau digital literacy menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu terutama remaja atau generasi milenial, Generasi milenial ini merupakan generasi yang sangat dekat dengan dunia digital karena menjadikan digital sebagai ruang pribadi untuk memperoleh dan berbagi segala bentuk informasi yang ditemui. Melalui internet di era digital sekarang ini, dunia mudah dipengaruhi oleh apapun itu.dan internet menjadi pintu gerbang utama ilmu pengetahuan bagi anak muda atau mereka yang sedang tren disebut dengan generasi milenial.Program literasi informasi telah menjadi bagian dari program layanan perpustakan di wilayah Indonesia. Dari adanya kemajuan teknologi membuat sumber daya informasi digital semakin melimpah karena banyaknya sumber-sumber yang menyediakan informasi tersebut. Saat ini pemerintah telah ikut berkontribusi dalam upaya peningkatan literasi digital dengan meluncurkan berbagai program, Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan tujuan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan literasi informasi terutama peserta didik yang terbiasa melakukan pencarian informasi melalui Google, Namun, upaya-upaya tersebut tidak boleh berhenti begitu saja, harus dikembangkan sehingga dapat terwujud generasi masa depan yang “handal” dalam budaya membaca, menulis, mengolah, dan mengevaluasi informasi pada era digital ini.

Literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk memahami, mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif dari berbagai platform digital. Arti literasi digital kini sudah mulai berkembang. Tidak hanya sekedar literasi ditigal dan literasi secara umum saja. Tetap ada pula istlah yang disebut dengan literasi komputer, literasi media, literasi sekolah dan literasi sains. Literasi yang buruk ternyata dapat berdampak buruk bagi psikologis, terutama remaja. Hal tersebut karena usia remaja cenderung labil dan sering menelan mentah-mentah informasi yang didapatkan tanpa mencari tahu kebenaran dan keakuratan dari informasi tersebut,

Lalu, apakah manfaat literasi digital?.

Literasi digital tentu memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekarang ini. Menurut Brian Wright dalam karya infografisnya yang berjudul Top 10 Benefits of Digital Literacy: Why You Should Care About Technology (2015, dalam Maulana) yang berisi sepuluh manfaat dari adanya literasi digital ini.Sepuluh manfaat tersebut adalah menghemat waktu, belajar lebih cepat, menghemat uang, membuat lebih aman, pemerolehan informasi terkini, selalu terhubung, membuat keputusan yang lebih baik, dapat membuatmu mau bekerja, menjadi lebih bahagia, dan dapat memengaruhi dunia. Oleh karena itu Dengan adanya pemahaman dan penerapan literasi digital akan membuat generasi muda dapat berpartisipasi di era dunia modern sekarang ini. Literasi digital akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif. Sehingga, mereka tidak akan mudah tertipu yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoaks. Selain itu pentingnya peningkatan  inovasi agar masyarakat memiliki keinginan membaca pada era teknologi seperti saat ini. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk menulis dan membagikan hal-hal positif yang bermanfaat dan menjadikan media sosial sebagai informasi yang akurat serta meningkatkan minat baca dan daya berfikir kritis.

 

Pada literasi digital tantangan paling kuat dari literasi digital adalah arus informasi yang banyak serta kurangnya kesadaran akan literasi digital, seperti pornografi, cyberbullying, hoax, dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena adanya berbagai akses internet seperti website, social media, dan lain sebagainya. Berbagai persoalan tersebut merupakan suatu bukti nyata bahwa perkembangan teknologi yang ada belum diimbangi dengan literasi digital. Dengan demikian, dibutuhkan penanganan dari pemerintah serta keterlibatan aktif masyarakat dalam upaya menangani persoalan-persoalan tersebut, Oleh karena itu Meningkatkan literasi digital adalah suatu keharusan dalam era digital saat ini. cara untuk meningkatkan literasi digital yaitu :

1.  Belajar dari sumber-sumber terpercaya

2.   Meningkatkan keterampilan mencari informasi

3.   Meningkatkan kemampuan analisis

4.   Meningkatkan pemahaman tentang keamanan cyber

5.   Terlibat dalam komunitas online

6.   Terus belajar dan memperbarui pengetahuan

Dengan penerapan literasi digital yang baik di lingkungan masyarakat, terutama remaja, diharapkan masyarakat dapat melek informasi agar dapat meningkatkan pengetahuan dan  meminimalisir pengaruh buruk dari literasi digital.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Reportase Sepekan Kegiatan GuruInovatif.id Juli 2022 - 10-16 Juli 2022
1 min
Tinggal 9 Hari Lagi! Pendaftaran PPG Prajabatan 2023: Mengasah Kompetensi Calon Guru Menuju Profesionalisme
Afiliasi GuruInovatif Dapatkan Komisi hingga 20%
2 min
GuruInovatif.id ke Singapura
1 min
Webinar GuruInovatif.id Bersama Sekjen GTK Kemendikbud Sukses Dihadiri Ribuan Guru #2
1 min
In pursuit of effective edutech, this startup ensures SEA teachers don’t get left behind
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB