ISLTF #57 | Governance Collaborative: Langkah Optimalisasi Sinergi Tripusat Pendidikan Menuju Pengelolaan Pendidikan Life Skill yang Inklusif - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Mei 2024

ISLTF #57 | Governance Collaborative: Langkah Optimalisasi Sinergi Tripusat Pendidikan Menuju Pengelolaan Pendidikan Life Skill yang Inklusif

Kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang cepat di masyarakat sangat dibutuhkan. Hal ini karena teknologi yang semakin maju menuntut siswa untuk selalu berinovasi

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
204x
Bagikan

Pada hari Sabtu 4 Mei 2024 telah diselenggarakan online workshop Innovation School Leaders and Teachers #57 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Governance Collaborative: Langkah Optimalisasi Sinergi Tripusat Pendidikan Menuju Pengelolaan Pendidikan Life Skill yang Inklusif”. Event ini dibersamai oleh:

  1. Temu Ismail, S.Pd. M.Si., selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
  2. Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., M.M., selaku CEO guruinovatif.id
  3. Irfana Stevanio, S.Pd., M.Ed., selaku PTP Dirjen GTK Dit. Guru Pendidikan Dasar Kemendikbudristek
  4. Sri Wahyuningsih, selaku Founder @salam_jogja
  5. Sumaryanta, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Tim Kerja Pembelajaran BBGP DIY
  6. Anita Jojor, M.Pd., selaku Trainer guruinovatif.id

Pentingnya Life Skill di Era Saat Ini

Pada acara “Governance Collaborative: Langkah Optimalisasi Sinergi Tripusat Pendidikan Menuju Pengelolaan Pendidikan Life Skill yang Inklusif” menjelaskan bahwa life skill memiliki peran penting pada era ini seperti:

1. Adaptasi perubahan

Kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang cepat di masyarakat sangat dibutuhkan. Hal ini karena teknologi yang semakin maju menuntut seseorang untuk selalu berinovasi. Selain itu, lingkungan kerja yang kondusif perlu ditingkatkan dalam sistem pekerjaan.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar dari Buku, Jurnal, Skripsi, dan Artikel

2. Kemandirian hidup

Keterampilan dalam mengelola diri, keuangan, dan kehidupan secara efektif sangat diperlukan dalam sistem saat ini. Hal ini akan menciptakan keterampilan yang positif bagi setiap individu.

3. Relevansi karir

Kesiapan menghadapi dunia kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan industri. Pada era ini kesiapan untuk menyiapkan masa depan termasuk karir sangat penting sehingga individu perlu mempersiapkan.

Komponen Kunci Kurikulum Life Skills

Life skill memiliki komponen penting, seperti:

1. Literasi dasar

Pada bagian ini kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan literasi digital sebagai fondasi pembelajaran sangat penting. Karena dapat membangun siswa untuk memahami setiap potensi yang ada. Seperti, bahasa, numerik, digital, dan belajar.

2. Kompetensi karakter

Pembentukan karakter, sikap, dan nilai positif dalam kehidupan diperlukan dalam komponen kurikulum. Hal ini karena siswa akan siap terhadap life skill dalam kehidupan.

Baca juga: 5 Puisi Menarik Hari Pendidikan Nasional

3. Keterampilan praktis

Pembelajaran kecakapan hidup sangat penting sehingga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini keterampilan komponen kurikulum untuk mempelajari keterampilan praktis diperlukan,

Press Release ISLTF #57 Governance Collaborative: Langkah Optimalisasi Sinergi Tripusat Pendidikan Menuju Pengelolaan Pendidikan Life Skill yang Inklusif

 

Manfaat Kurikulum Life Skill

Beberapa manfaat kurikulum life skill, seperti:

1. Kemandirian hidup

Kurikulum life skill dapat menciptakan peserta didik mampu mengelola diri, keuangan, dan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini siswa akan memiliki kelebihan dalam mengelola diri.

2. Daya saing karir

Siswa akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan. Hal ini menjadi penting karena mampu mempersiapkan karir siswa yang lebih baik.

10 Pantun Hari Pendidikan Nasional Penuh Makna!

3. Pembentukan karakter

Kurikulum life skill memiliki manfaat dalam meningkatkan nilai positif dan keterampilan interpersonal.

4. Keberlanjutan pembelajaran

Siswa akan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri. Dalam hal ini siswa akan lebih peduli dalam mengembangkan potensi pada dirinya.

Mau tahu lebih lanjut mengenai pendidikan dan kurikulum life skill? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan pada pembelajaran siswa melalui rekaman ISLTF #57 pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Ingin tingkatkan kualitas mengajar Anda? Bingung dimana tempatnya?
Daftar di GuruInovatif.id sekarang untuk mendapatkan 7 hari gratis layanan premium! dan akses ke seluruh materi online course serta fasilitas lainnya!

Akses layanan premium sekarang!

Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Platform Digital sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru

AFWAN YAZID

Sep 06, 2023
2 min
GI Class 83 "Kiat Menulis Best Practice untuk Meningkatkan Profesionalisme"
2 min
Mewujudkan Harmonisasi Pendidikan melalui Webinar Pembelajaran Kelas Inklusi
3 min
Dari Pelatihan Online ke Pelatihan Tatap Muka: Kunci Penguatan Literasi Digital bagi Guru

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 10, 2023
7 min
Guru Inovatif Conference 2022 "Tantangan dan Inovasi Pendidikan di Abad 21"
2 min
GI Class 84 "Strategi Menyusun Media Pembelajaran 5.0"
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar