GuruInovatif.id Selenggarakan Lomba Artikel Season 4 Bersama Kompas.id - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 16 Sep 2023

GuruInovatif.id Selenggarakan Lomba Artikel Season 4 Bersama Kompas.id

GuruInovatif.id telah menyelenggarakan Lomba Artikel Season 4 yang dilaksanakan tanggal 25 Juli-10 September 2023. Berhasil diselenggarakan 2 tahun berturut-turut, kali ini GuruInovatif.id turut menggandeng Kompas.id menjadi rekan kolaborasi dengan menjadi juri & pemberian beasiswa literasi digital.

Berita

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1232x
Bagikan

Berdasarkan kajian penelitian yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2019, menunjukkan bahwa tingkat literasi sumber daya manusia (SDM) Indonesia tergolong sangat rendah, yakni berada di posisi ke 62 dari 80 negara di dunia. Tentu saja ini bisa menjadi kekhawatiran bagi nasib sebuah bangsa. Apalagi kita saat ini berada di tengah-tengah zaman dimana perkembangan teknologi serta arus informasi bergerak dengan sangat cepat.

Sebenarnya jika kita dapat memanfaatkan informasi dengan tepat, justru hal ini dapat mendongkrak literasi SDM bangsa Indonesia. Kita dapat memulai meningkatkan kualitas SDM bangsa melalui jalur pendidikan sekolah. Untuk itu, guna mendukung dan menggiatkan kembali budaya literasi, GuruInovatif.id menyelenggarakan Lomba Artikel Season 4 dengan mengangkat tema “Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital”.

GuruInovatif.id Selenggarakan Lomba Artikel Season 4 Bersama Kompas.id
Tampilan website Lomba Artikel Season 4 GuruInovatif.id x Kompas.id (Dok. Tim GuruInovatif.id)

Lomba artikel ini merupakan salah satu upaya untuk menggiatkan kembali budaya literasi dari bangku sekolah. Selain itu, lomba ini juga menjadi wadah untuk berbagi inspirasi dari tenaga pengajar untuk tenaga pengajar lainnya di seluruh Indonesia. Pada penerapan Kurikulum Merdeka, guru dapat berkreasi untuk menciptakan serta meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas yang lebih baik, sehingga berdampak dengan meningkatnya hasil akademik yang murid peroleh. Hal ini juga dapat membuka “mata” kita bahwa di setiap sekolah, setiap guru dapat menerapkan dan menggunakan media pembelajaran kreatif, baik secara konvensional (tradisional) maupun modern (digital).

Telah dilaksanakan dua tahun berturut-turut, Lomba Artikel Season 4 kembali dilaksanakan mulai 25 Juli hingga 10 September 2023 dengan target sasaran masyarakat umum, meliputi tenaga pendidik, pemerhati pendidikan, dan seluruh lapisan masyarakat yang memiliki ketertarikan di bidang pendidikan tanpa adanya batasan minimal usia. Pada kesempatan ini, GuruInovatif.id turut menggandeng Kompas.id yang menyambut baik kolaborasi dengan turut berpartisipasi menjadi juri dalam penilaian Lomba Artikel dan pemberian beasiswa literasi digital kepada partisipan lomba.

Beasiswa literasi hadir sebagai salah satu program dari Kompas.id yang bertujuan menguatkan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, Kompas.id memfasilitasi para penerima beasiswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka melalui beragam konten berkualitas yang telah lolos kurasi mencakup foto, artikel, serta video interaktif.

Dalam lomba ini, akan dipilih lima orang pemenang yang terdiri dari peringkat I, peringkat II, peringkat III, artikel favorit 1, dan artikel favorit 2. Para pemenang berkesempatan mendapatkan sejumlah uang tunai, e-sertifikat, dan Beasiswa Literasi Digital yang dipersembahkan Kompas.id. Tidak hanya untuk para pemenang, e-sertifikat dan Beasiswa Literasi Digital oleh Kompas.id juga akan diberikan kepada seluruh peserta. Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan gelaran akbar Guru Inovatif Conference pada tanggal 23 September 2023 mendatang melalui Zoom meeting dan live streaming YouTube.


Penulis: Eka | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar GuruInovatif.id Bersama Sekjen GTK Kemendikbud Sukses Dihadiri Ribuan Guru #2
1 min
Mengenal Hari Olahraga Nasional 2023, Jenis Olahraga yang Satu Ini Paling Sering Dilakukan Atlet Indonesia
2 min
Dihadiri Tokoh Pendidikan Nasional, GuruInovatif.id Sukses Selenggarakan Konferensi Nasional 2022
2 min
Asesmen Bakat Minat Kembali Dibuka di Tahun 2024, Inilah Jadwal dan Cara Pendaftarannya!
3 min
Ruang Bermain untuk Anak Kini Ada SNI-nya Loh!
3 min
Upaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

Dwita Nurcahyani

Feb 15, 2022
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB