GI Class #96 | Supervisi Guru untuk Meningkatkan Kompetensi - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Apr 2024

GI Class #96 | Supervisi Guru untuk Meningkatkan Kompetensi

Supervisi adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional, yang muaranya kepada peningkatan mutu lulusan peserta didik

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
204x
Bagikan

Pada hari Jumat tanggal, 26 April 2023 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Class #96 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Supervisi Guru untuk Meningkatkan Kompetensi”. Event ini dibersamai oleh Yulia Rachmawati S.Pd.Si., M.Pd, selaku trainer Guruinovatif.id.

Apa itu Supervisi Guru?

Supervisi adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional, yang muaranya kepada peningkatan mutu lulusan peserta didik. Selain itu, tugas supervisi membantu guru bukan menghakimi guru atau menilai guru (PKG).

Baca juga:
10 Pantun Hari Pendidikan Nasional Penuh Makna!

Dalam menjalankan serangkaian kegiatan, supervisi memiliki tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Bagian perencanaan memiliki tugas merumuskan tujuan, memilih pendekatan, teknik, dan model. Selain itu, menetapkan jadwal serta mempersiapkan ragam instrumen. Selanjutnya, bagian pelaksanaan memiliki tugas keterlibatan guru dalam kegiatan sekolah, observasi kelas, dan pelatihan. Sementara itu, bagian tindak lanjut memiliki tugas perencanaan, pengembangan diri, dan pengembangan proses belajar

Aktivitas Supervisi dalam Akademik

Supervision for a Better School, Lovell (1980) mendefinisikan supervisi klinis sebagai rangkaian kegiatan berpikir dan kegiatan praktik yang dirancang oleh guru dan supervisor dalam rangka meningkatkan performa pembelajaran guru di kelas dengan mengambil data dari peristiwa yang terjadi, menganalisis data yang didapat, merancang strategi untuk meningkatkan hasil belajar murid dengan terlebih dulu meningkatkan performa guru di kelas.

Sebuah kegiatan supervisi klinis bercirikan:

  1. Interaksi yang bersifat kemitraan
  2. Sasaran supervisi berpusat pada strategi pembelajaran atau aspek pengajaran yang hendak dikembangkan oleh guru dan disepakati bersama antara guru dan supervisor
  3. Siklus supervisi klinis: pra-observasi, observasi kelas, dan pasca-observasi
  4. Instrumen observasi disesuaikan dengan kebutuhan
  5. Objektivitas dalam data observasi, analisis dan umpan balik
  6. Analisis dan interpretasi data observasi dilakukan bersama-sama melalui percakapan guru dan supervisor
  7. Menghasilkan rencana perbaikan pengembangan diri
  8. Merupakan kegiatan yang berkelanjutan
GI Class #96 | Supervisi Guru untuk Meningkatkan Kompetensi
 

Supervisi Guru dengan Paradigma Coaching

Setelah proses supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah, coaching dilakukan untuk menganalisis hasilnya, membedakan antara potensi dan kelemahan guru dalam proses mengajar. Fokus coaching ditujukan pada mengatasi kelemahan yang teridentifikasi, dengan tujuan mengubahnya menjadi komitmen yang akan diperkuat oleh guru pada pembelajaran berikutnya. Pendekatan ini bertumpu pada kesadaran yang muncul dari dalam diri guru sendiri, memungkinkan mereka untuk berkembang secara berkelanjutan dalam peran pengajaran mereka.

Baca juga:
15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional Penuh Makna untuk Guru

Sementara itu, paradigma coaching memiliki prinsip kemitraan, percakapan kreatif, dan memaksimalkan potensi. Pada prinsip kemitraan ditandai dengan tujuan percakapan yang disepakati dan tujuan percakapan datang dari coachee. Selanjutnya, prinsip percakapan kreatif ditandai dengan percakapan dua arah dan menghasilkan ide baru. Selain itu, prinsip memaksimalkan potensi ditandai dengan percakapan harus ditutup dengan kesimpulan dan menghasilkan rencana tindakan.

Mau tahu lebih lanjut mengenai supervisi guru untuk meningkatkan kompetensi? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Belajar dimana saja dan kapan pun dengan online course GuruInovatif.id!
Akses beragam pilihan topik ‘tuk tingkatkan kompetensi mengajar hingga skill digital Anda sesuai kebutuhan guru abad 21!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Isue Kesehatan Mental di Sekolah: Sudahkan Guruku Sehat?
Guru: Berakar pada Daniel Goleman Berbunga Kebahagiaan

siti zummaroh

Dec 05, 2023
5 min
GI Class #91 | Asesmen Diagnostik Awal Tahun Pembelajaran
4 min
Mengenal Pentingnya Penguasaan Kompetensi Kepribadian bagi Tenaga Pendidik
6 min
Pentingnya Supervisi Guru untuk Meningkatkan Kompetensi
2 min
8 Tips Ampuh untuk Guru agar Mengambil Istirahat yang Lebih Baik di Sekolah
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar