Game RPG Sebagai Alternatif Penguatan Literasi Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 02 Sep 2023

Game RPG Sebagai Alternatif Penguatan Literasi Digital

Penggunaan game RPG sebagai alternatif penguatan literasi digital dengan lebih menarik dan inovatif

Metode Mengajar

DENI SUHARYANTO

Kunjungi Profile
840x
Bagikan

Pembelajaran Matematika Menggunakan Game Online Berbasis RPG Untuk Meningkatkan Motivasi Murid Dalam Belajar Matematika

Oleh Deni Suharyanto, S.Pd., M.Pd.

 

Hakikat pendidikan merupakan suatu tuntunan dalam perkembangan murid, artinya pendidikan tidak bisa merubah kodrat yang ada pada murid. Pendidikan hanya bisa menuntun perkembangan kodrat tersebut supaya bisa berkembang dengan baik, sehingga tercipta wellbeing pada hidup murid. Dalam prosesnya, pendidikan harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman pada murid, artinya pendidikan itu dinamis. 

Penerapan kurikulum merdeka merupakan langkah yang tepat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pada kurikulum merdeka terdapat 3 jalur yang dapat dipilih, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Hal ini memberikan kebebasan bagi pihak sekolah untuk memilih jalur pada kurikulum merdeka yang sesuai dengan keadaan sekolah. Selain itu, beberapa program yang dilontarkan oleh pemerintah, seperti pelatihan guru, sertifikasi guru, pelatihan in house training, pendidikan guru penggerak, sekolah penggerak, dan berbagi praktik baik, semakin memperkuat tujuan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pada pembelajaran di kelas, pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Pada pembelajaran berdiferensiasi, terdapat diferensiasi konten, proses, dan produk. Penggunaan game RPG pada pembelajaran matematika merupakan alternatif penggunaan platform digital pada diferensiasi konten untuk menguatkan literasi digital secara lebih menarik dan inovatif. Pada pembelajaran matematika di kelas, murid cenderung pasif dan mudah jenuh. Mereka pun tidak antusias dalam mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru dalam rangka menguatkan pemahaman terhadap konsep yang dipelajari. Mayoritas nilai mereka pada saat ulangan pun masih dibawah kriteria ketuntasan yang telah disepakati di sekolah, sehingga mayoritas dari mereka mengikuti program remedial daripada program pengayaan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, salah satunya adalah pembelajaran matematika belum dirancang secara inovatif yang membuat murid merasa bersemangat dalam belajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan mengenai murid yang kurang semangat ketika belajar matematika, penulis menggunakan game RPG yang digunakan dalam mempelajari materi dan latihannya. 

Latarbelakang dari penggunaan game RPG adalah kodrat murid, yaitu bermain game secara online. Pada pembelajaran menggunakan game RPG, konsep dan latihan diselipkan pada game, sehingga murid lebih nyaman dalam belajar. Dengan cara ini murid lebih tertantang dalam belajar, mereka merasa senang ketika mempelajari konsep atau soalnya, serta bersemangat menyelesaikan soal atau memahami konsep yang ditemukan pada game.

Link game: http://bit.ly/raza_math

 #GuruInovatif, #LombaArtikelS4, #ArtikelGI, dan #LombaGI


Penyunting: Putra

0

1

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Apa itu TPACK: Pendekatan, Unsur, dan Aspek Utama
4 min
FLEKSIBILITAS FINANSIAL DARING DAN LURING PADA KUIS BERBASIS HTML SEBAGAI PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN KARAKTER SMART-NETIZEN SISWA SMAN 2 KOTA MOJOKERTO
7 min
Strategi Penerapan Merdeka Belajar di Sekolah

RONA ROHMANA

Sep 26, 2023
4 min
Merangkul Keunikan Anak: Membuka Pintu Emas Menuju Pendidikan Abad Depan
Meningkatkan Literasi Digital dengan Metode Pembelajaran Inovatif

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 06, 2023
2 min
Persiapan Menuju Fase Dewasa melalui Pendekatan Andragogi!
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB