Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA) - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 22 Mei 2024

Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) momen emas kenali karakteristik peserta didik baru. Andil seluruh warga sekolah diperlukan dalam kesuksesan MPLS. Rekomendasi kegiatan MPLS yang cocok kenali karakter peserta didik yaitu asesmen diagnostik, rekomendasi lainnya simak artikel berikut!

Entry Level Assessment

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
91x
Bagikan

GuruInovatif.id menyelenggarakan workshop Entry Level Assessment (ELA) pada Senin, 13 Mei 2024 di Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta. Workshop ini mengenalkan lebih jauh kepada tenaga pendidik mengenai urgensi Entry Level Assessment (ELA). Workshop ELA mengangkat tema “Harmoni Pendidikan: Menyatu dalam Kebijaksanaan, Didikan, dan Kasih Sayang melalui Entry Level Assessment (ELA)”. Tujuan dilaksanakannya workshopini yaitu mengenalkan lebih jauh kepada tenaga pendidik mengenai Entry Level Assessment (ELA).

Hadirnya Entry Level Assessment (ELA) sebagai layanan pendidikan yang tidak hanya mengungkapkan, tetapi juga memperkaya potensi siswa secara individu sesuai dengan kebutuhan mereka. ELA merupakan tempat di mana dapat menemukan bakat dan keunggulan siswa dengan cepat, mudah, dan akurat. Kegiatan asesmen ini harus dilakukan secara berkesinambungan agar guru bisa memonitor setiap perubahan atau perkembangan peserta didiknya.

Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)

GuruInovatif.id melaksanakan workshop Entry Level Assessment (ELA) di Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu dihadiri oleh kepala sekolah maupun perwakilan dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Sesi kedua yaitu dihadiri oleh kepala sekolah maupun perwakilan dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kepala sekolah yang hadir merupakan perwakilan dari sekolah-sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara ini turut dihadiri secara virtual oleh Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., MM. (CEO of GuruInovatif.id). Dihadiri secara luring oleh Drs. Suhirman, M.Pd. (Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Wahyu Widi Astuti, S.Pd, S.K.M. (Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta).

Workshop Entry Level Assessment Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta sesi pertama setidaknya dihadiri oleh 129 Kepala Sekolah maupun perwakilan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Sedangkan untuk sesi kedua dihadiri lebih banyak Kepala Sekolah maupun perwakilan sejumlah 160 peserta jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sesi materi kedua sesi yang disampaikan ketika workshop ELA dipandu oleh fasilitator Entry Level Assessment (ELA), yang mana menyajikan dan mengomunikasikan wawasan terkait urgensi program ELA dengan baik.

Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)

“Bapak/Ibu peserta dalam workshop Entry Level Assessment sangat antusias menyambut layanan pendidikan yang disuguhkan oleh GuruInovatif.id. Dalam workshop ini membantu Bapak/Ibu guru dalam mengenal ELA lebih dekat lagi.” sambung Ikhsan Putra Budiman selaku MC.

Kegiatan workshop Entry Level Assessment (ELA) salah satunya memberikan informasi lanjutan terkait bidang asesmen dalam pengujian asesmen diagnostik ELA. Pengujian yang dilaksanakan meliputi berbagai bidang akademik kemampuan dasar siswa. Hal tersebut meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, capaian kompetensi literasi numerasi dan capaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

GuruInovatif.id memberikan solusi yang akurat, cepat dan mudah dalam membantu sekolah memiliki pangkalan data tentang kondisi siswa secara lengkap melalui Entry Level Assessment (ELA). Data tersebut sangat berperan penting pada proses penyusunan kegiatan sekolah yang berbasis layanan pendidikan berkualitas tinggi yang berasaskan efisiensi dan efektiftas serta berkelanjutan.

Ingin memiliki layanan pendidikan yang berkualitas dalam meningkatkan mutu pendidikan?
Dapatkan informasi selengkapnya terkait Entry Level Assessment melalui platform GuruInovatif.id.

Apa itu Entry Level Assessment (ELA)?


Penulis: Apheela Leony Nusantari Putri | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Magelang
1 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Boyolali
2 min
Kementerian Agama Gunung Kidul Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)
2 min
Pelaksanaan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Gunung Kidul
2 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Bantul
1 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Jawa Tengah
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar