Belajar Makin Seru Menggunakan Wordwall yang Guru Harus Tahu! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 07 Jun 2024

Belajar Makin Seru Menggunakan Wordwall yang Guru Harus Tahu!

Saat ini, teknologi semakin berkembang dari sebelumnya sehingga digitalisasi menjadi sangat penting. Proses tersebut dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada hadirnya berbagai variasi-variasi dalam aktivitas sehari-hari, salah satunya pendidikan.

Metode Mengajar

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
66x
Bagikan

Saat ini, teknologi semakin berkembang dari sebelumnya sehingga digitalisasi menjadi sangat penting. Proses tersebut dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada hadirnya berbagai variasi-variasi dalam aktivitas sehari-hari, salah satunya pendidikan. Sebagai respons terhadap pengaruh digitalisasi dalam pendidikan, tenaga pendidik atau guru harus mampu beradaptasi. Dalam hal ini melalui oenggunaan media pembelajaran yang tepat yang akan memperngaruhi capaian pembelajaran secara maksimal. Salah satunya melalui permainan, yaitu Wordwall. Dalam artikel ini, akan membahas salah satu aplikasi media pembelajaran, yakni Wordwall. Apa itu aplikasi Wordwall? Apa saja kelebihannya? dan Bagaimana sih penerapannya dalam pembelajaran? Yuk simak artikel ini Bapak dan Ibu guru!

Apa itu Wordwall?

Salah satu pendekatan paling efektif dalam pembelajaran adalah mengenal peserta didik dengan lebih dekat. Pada zaman saat ini, peserta didik cenderung lebih dekat dengan yang digital, seperti media sosial dan game. Oleh karena itu, tenaga pendidik dapat memanfaatkan game edukasi sebagai media pembelajaran untuk mendekati peserta didik, salah satunya adalah Wordwall.

Baca juga:
Brightful, Aplikasi Game Tebak Gambar Edukatif untuk Pembelajaran di Kelas

Wordwall adalah aplikasi berbasis website yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran secara efektif. Hal ini karena dalam permainan tersebut menggunakan kuis interaktif, memasang pasangkan, acak kata, dan anagram. Ada banyak fitur yang dapat Anda pilih sehingga memberikan banyak kemungkinan variasi dalam penyampaian materi ajar. Aplikasi ini juga menyediakan delapan belas template yang dapat diakses secara gratis serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah. Guru juga akan lebih mudah dan tidak bosan ketika menggunakan aplikasi ini, karena ada beragam permainan yang dapat dimainkan.

Belajar Makin Seru Menggunakan Wordwall yang Guru Harus Tahu!
Ilustrasi belajar semakin interaktif menggunakan Wordwall (Gambar: PtboCanada)

Manfaat Penggunaan Wordwall untuk Pembelajaran

Dengan memberikan variasi dalam metode pembelajaran, peserta didik menjadi tidak bosan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan aplikasi ini akan memberikan manfaat, seperti:

1. Merangsang perkembangan daya pikir siswa

Pada permainan Wordwall memiliki cara bermain seperti, mengisi kalimat rumpang, permainan pencocokkan, kuis game show, anagram, dan pasangan yang cocok dapat meningkatkan kepekaan peserta didik dalam materi ajar. Dalam hal ini penerapan Wordwall sangat relevan dengan pembelajaran tata bahasa, teks edukasi, dan grammar. Selain itu. Wordwall juga bisa diterapkan diberbagai mata pelajaran lainnya.

2. Menciptakan lingkungan kreatif dan inovatif

Tampilan layar yang dapat divariasikan disertai dengan suara latar belakang yang menarik membuat peserta didik antusias dalam pembelajaran. Selain itu, dari sudut pandang tenaga pendidik, Wordwall dapat menunjukan wibawa dan kepercayaan diri Anda dalam pembelajaran. Dari sudut pandang peserta didik, lingkungan belajar yang menarik memberikan kenyamanan dan keluwesan dalam mengikuti pembelajarannya.

3. Meningkatkan Logika

Wordwall memiliki permainan seperti kata yang hilang, benar atau salah, pengurutan grup, dan kartu acak dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Dalam hal ini siswa akan lebih mudah dalam memberikan respons pemaparan materi yang diberikan oleh guru. Siswa juga dapat berpikir secara logis dan efesien dalam pembelajaran karena permainan tersebut memiliki waktu yang singkat.

Baca juga:
Game Edukasi Wordwall, Solusi Mengatasi Kejenuhan dalam Pembelajaran

4. Media edukasi dua arah

Interaksi dua arah antara siswa dan guru menjadi kelebihan pada pembelajaran menggunakan Wordwall. Hal ini karena guru dan siswa saling memberikan tanggapan dalam berjalannya kelas secara baik dan memberikan dampak positif. Dalam berjalannya kelas, interaksi memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk menyampaikan aspirasi dan pandangannya dalam pembelajaran.

5. Tolok ukur kemampuan peserta didik

Permaianan seperti kuis dengan jawaban benarbsalah dapat menjadikan bahan penilaian dan tolok ukur siswa. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi guru dalam mellihat kemampuan akademik siswa diberbagai mata perlajaran. Selain itu, guru juga dapat melakukan evaluasi secara efektif dalam berjalannya kelas. Dengan demikian, guru menjadi dipermudah dalam melihat siswa dari aspek kognitif.

Nah, sayangnya cuma segini saja yang bisa kami sampaikan, mau tahu lebih lanjut mengenai pembelajaran menggunakan Wordwall secara lebih efektif? Temukan jawabannya dalam workshop online yang akan membahas mengenai Wordwall: Solusi Media Pembelajaran untuk Berbagai Mata Pelajaran berikut ini!

Daftar workshopnya disini

Referensi:
Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Media Pembelajaran Ada di Ruang Kelas

Edy Samsul

Jul 23, 2022
1 min
Pendalaman Menggunakan Blog untuk Media Pembelajaran di GIC#6
1 min
Tips Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif

Dwita Nurcahyani

Sep 17, 2021
2 min
Penguatan Literasi Digital Melalui Desain Pembelajaran Matematika SMP dengan Konteks Kearifan Lokal Indonesia Berbantuan Platform Digital

HARTONO

Sep 10, 2023
7 min
Teori Kognitif dalam Pembelajaran: Mengoptimalkan Potensi Belajar Anak
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar