Bagaimana Masa Depan Pendidikan pada Transformasi Digital? - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Mei 2024

Bagaimana Masa Depan Pendidikan pada Transformasi Digital?

Pentingnya pendidikan digital tidak dapat dipandang sebelah mata, mengingat keberhasilan di tempat kerja di masa mendatang akan sangat tergantung pada keterampilan teknologi informasi yang dimiliki.

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
187x
Bagikan

Masa depan pendidikan terus berkembang seiring dengan transformasi digital yang tengah berlangsung. Pentingnya pendidikan digital tidak dapat dipandang sebelah mata, mengingat keberhasilan di tempat kerja di masa mendatang akan sangat tergantung pada keterampilan teknologi informasi yang dimiliki. Baik di sekolah, perguruan tinggi, maupun di tempat kerja, digitalisasi telah membuat keterampilan teknologi informasi semakin penting dari waktu ke waktu. Selain itu, media digital juga membuka peluang baru untuk pembelajaran digital yang inovatif. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pendidikan transformasi digital. Yuk, simak artikel ini baik-baik Bapak dan Ibu guru!

Industri 4.0 Membutuhkan Pendidikan 4.0

Transformasi digital telah mengubah berbagai bidang, tidak hanya di lingkungan startup tetapi juga di sektor industri, administrasi, dan perbankan. Dalam hal ini, sistem pendidikan Indonesia perlu disesuaikan dengan era digital ini, mulai dari pendidikan dasar hingga pelatihan vokasional dan di luar itu. Pendidikan digital akan memberdayakan individu untuk aktif berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan memastikan daya saing perusahaan. Dengan kata lain, Industri 4.0 membutuhkan perubahan paradigma pendidikan menjadi Pendidikan 4.0. Ini melibatkan tidak hanya perubahan cara belajar tetapi juga konten apa yang dipelajari, mengakui keterampilan digital sebagai kompetensi vital selain literasi tradisional.

Bagaimana Cara Memulainya?

Transformasi digital dalam ekonomi dan masyarakat hanya akan berhasil dengan pendidikan digital. Hal ini memerlukan kebijakan untuk berinvestasi dalam infrastruktur digital dan tenaga kerja yang berkualifikasi serta pelatihan baik. Prasyarat untuk digitalisasi sistem pendidikan adalah infrastruktur teknologi informasi yang komprehensif dan efisien, dimulai dengan koneksi internet di lembaga-lembaga pendidikan.

Sekolah menengah bertanggung jawab untuk menyediakan pendidikan digital dasar dan memperkuat pendidikan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, dan matematika, yang akan menjadi lebih penting di masa depan. Siswa harus belajar cara menggunakan perangkat lunak di kelas komputer dan memahami cara kerja komputer, internet, dan perlindungan data. Hal ini kemudian dapat menjadi dasar untuk mempelajari topik digital dan teknologi informasi yang lebih mendalam selama pelatihan dan pengembangan profesional.

Baca juga:
Jenis-Jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui Beserta Contohnya

Opsi baru untuk penilaian data yang cepat membuatnya memungkinkan untuk menyesuaikan konten dan metode pembelajaran dengan kebutuhan individu siswa. Perangkat lunak dapat melacak kemajuan mereka dan mengidentifikasi materi yang telah dikuasai dan area yang masih membutuhkan lebih banyak instruksi. Dengan cara ini, kursus dapat dipersonalisasi sambil fokus pada pengembangan potensi individu siswa.

Bagaimana Masa Depan Pendidikan pada Transformasi Digital?
Ilustrasi transformasi digital dalam pembelajaran (Gambar: Getty Images/Soumen Hazra)

Apa Solusinya?

Diperlukan perubahan tidak hanya dalam konten pembelajaran, tetapi juga dalam metode pembelajaran. Baik melalui platform digital, realitas virtual atau augmented, perpustakaan online, atau webinar - media digital membuka peluang baru dan inovatif dalam pengajaran dan pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan.

Baca juga:
5 Puisi Menarik Hari Pendidikan Nasional

Pembelajaran digital bukan sekadar proses mengubah materi instruksional ke dalam bentuk digital. Pemanfaatan media digital dalam pendidikan akan membawa kita pada domain baru komunikasi, kerjasama, dan jaringan. Dengan fleksibilitas tanpa batas dalam waktu dan tempat, pembelajaran digital menjadi lebih adaptif, individual, dan mobilitas dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Di era digital ini, materi kursus dapat disusun, dibagikan, dan dikembangkan bersama secara kolaboratif di platform digital. Melalui pembelajaran digital, siswa akan belajar untuk mengasah tanggung jawab pribadi mereka sejak dini, sambil juga meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama tim.

Dari penjelasan diatas semoga Indonesia menjadi negara yang siap dalam berbagai aspek untuk menghadapi transformasi yang cepat. Hal itu juga beriringan kesiapan sumber daya manusia dalam menangkap teknologi yang baik!

Referensi:
THE IMPORTANCE OF DIGITAL EDUCATION

Ingin tingkatkan kualitas mengajar Anda? Bingung dimana tempatnya?
Daftar di GuruInovatif.id sekarang untuk mendapatkan 7 hari gratis layanan premium! dan akses ke seluruh materi online course serta fasilitas lainnya!

Gabung membership guruinovatif.id

Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

PENGUATAN LITERASI MELALUI PLATFORM DIGITAL
Implementasi Kurikulum Merdeka, Wujudkan Indonesia Emas 2045
Membangun Generasi Emas : Inovasi dan Sinergi Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik
2 min
Madrasah Modern

DANANG SETIAWAN

Aug 03, 2023
1 min
Meningkatkan Literasi Digital Siswa dengan Optimalisasi Penggunaan Canva Dalam Pembelajaran
Pentingnya Kemampuan Menulis dengan Tangan
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar