Aplikasi Tanpa Koneksi Internet yang Dapat Membantu Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Mei 2024

Aplikasi Tanpa Koneksi Internet yang Dapat Membantu Guru

Di era digital ini, penggunaan aplikasi dalam pembelajaran semakin meluas, tetapi tidak semua area memiliki akses internet yang stabil. Dalam hal ini, aplikasi tanpa koneksi internet menjadi solusi yang sangat penting bagi para guru, terutama di daerah terpencil.

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
125x
Bagikan

Di era digital ini, penggunaan aplikasi dalam pembelajaran semakin meluas, tetapi tidak semua area memiliki akses internet yang stabil. Dalam hal ini, aplikasi tanpa koneksi internet menjadi solusi yang sangat penting bagi para guru, terutama di daerah terpencil. Artikel ini akan membahas berbagai aplikasi yang dapat membantu guru dalam pembelajaran tanpa memerlukan koneksi internet. Dengan demikian, para guru dapat tetap memberikan pendidikan berkualitas tinggi, meskipun dihadapkan pada keterbatasan infrastruktur teknologi. Yuk simak artikel ini baik-baik Bapak dan Ibu guru!

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Belajar Offline

Aplikasi belajar offline memiliki sejumlah kelebihan yang signifikan. Pertama, aplikasi ini memungkinkan akses ke materi pembelajaran tanpa memerlukan koneksi internet, yang sangat bermanfaat bagi siswa dan guru di daerah dengan akses internet terbatas atau tidak stabil. Selain itu, aplikasi belajar offline sering kali dioptimalkan untuk penggunaan di perangkat dengan spesifikasi rendah, sehingga dapat digunakan secara efektif pada berbagai jenis perangkat, termasuk yang lebih tua atau kurang canggih. Kemampuan untuk belajar secara mandiri dan kapan saja tanpa tergantung pada ketersediaan jaringan juga meningkatkan fleksibilitas dalam proses belajar-mengajar.

Baca juga:
5 Aplikasi Penting untuk Guru dalam Proses Pembelajaran Daring

Namun, aplikasi belajar offline juga memiliki beberapa kekurangan. Keterbatasan dalam memperoleh pembaruan konten secara real-time menjadi salah satu kendala utama, karena materi yang ada mungkin tidak selalu mencerminkan informasi terbaru atau perubahan dalam kurikulum. Selain itu, fitur interaktif dan kolaboratif yang biasanya ada pada aplikasi online mungkin tidak sepenuhnya tersedia dalam versi offline, yang dapat mengurangi interaksi antara siswa dan guru atau antar siswa itu sendiri. Integrasi dengan platform lain dan kemampuan untuk melakukan penilaian secara otomatis juga bisa terbatas, sehingga memerlukan lebih banyak usaha manual dari pihak guru dalam mengelola proses pembelajaran.

Aplikasi Tanpa Koneksi Internet yang Dapat Membantu Guru
Ilustrasi penerapan aplikasi pembelajaran offline (Gambar: Flickr)

Aplikasi Belajar Offline

Beberapa aplikasi belajar offline yang dapat membantu pembelajaran, seperti:

1. Science360

Aplikasi belajar offline lain yang bisa membantu dalam pembelajaran adalah Science360. Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada perangkat tablet. Melalui Science360, kita bisa mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan yang disajikan melalui gambar berkualitas tinggi, teknik berita, dan video edukatif untuk anak-anak. Meski offline, aplikasi ini tetap menyajikan informasi sains terbaru karena kontennya diperbarui setiap minggu. Konten yang ada juga dikumpulkan dan diproduksi oleh para ilmuwan dari seluruh dunia. Selain itu, Science360 menawarkan tampilan video atau konten dengan sudut pandang 360 derajat yang keren, sehingga tampilannya seperti tiga dimensi.

2. Edpuzzle

Edpuzzle membantu guru "membuat video apa pun menjadi pelajaran". Aplikasi ini memungkinkan penggunaan video dari berbagai sumber seperti YouTube dan Khan Academy, serta menambahkan komentar dan pertanyaan pemahaman untuk mempersonalisasi pelajaran bagi murid. Murid ditugaskan untuk menonton video, tetapi juga terdapat akuntabilitas dan integritas penilaian yang disertakan. Guru dapat melihat siapa yang menonton video dan bagaimana interaksinya. Data ini berguna untuk mengidentifikasi murid yang mungkin membutuhkan bantuan tambahan. Layanan ini gratis untuk guru dan murid, dan merupakan pilihan mandiri yang baik bagi murid yang tidak bisa mengikuti sesi live.

Baca juga:
5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif

3. Pintar Cerdas Matematika

Pintar Cerdas Matematika adalah aplikasi permainan smartphone yang membantu belajar matematika dasar. Aplikasi ini mengajak pengguna melalui operasi dasar matematika seperti penjumlahan dan pengurangan. Terdapat tiga level permainan, yaitu operasi dengan angka satuan, belasan, dan puluhan. Aplikasi ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk anak-anak sekolah dasar yang baru mempelajari matematika dasar.

4. Aplikasi Buku Sekolah Digital (BSE)

Buku adalah sumber ilmu, dan dengan kemajuan teknologi, siswa tidak perlu lagi membeli atau meminjam buku fisik. Aplikasi Buku Sekolah Digital (BSE) dibuat oleh Departemen Pendidikan Indonesia untuk memudahkan siswa mempelajari semua mata pelajaran dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Kejuruan, hingga Sekolah Menengah Atas. Aplikasi ini mempermudah siswa untuk mengakses semua materi yang dibutuhkan secara digital.

Dari penjelasan di atas, beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk pembelajaran secara offline. Hal ini penting untuk memberikan dampak yang baik bagi siswa. Perkembangan teknologi yang semakin masif perlu dimanfaatkan dengan baik, seperti pengunaan aplikasi offline pada pembelajaran. Oleh karena itu, pentingnya penggunakan teknologi dalam pendidikan secara merata.

Referensi:
10 Aplikasi Belajar Jarak Jauh untuk Guru
Hemat Kuota! Berikut Rekomendasi Aplikasi Belajar Offline
Pembelajaran Luring: Kelebihan, Kekurangan dan Masalah yang Kerap Dihadapi
Tanpa Koneksi Internet, Gunakan Aplikasi Belajar Offline Agar Belajar Semakin Menyenangkan

Butuh kursus yang bersertifikat? Yuk, ikuti online course GuruInovatif.id
Akses berbagai topik seputar pengajaran dan softskill yang menarik sesuai kebutuhan guru!

Pilih kursus onlinenya disini


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS BLOG SEBAGAI LMS UNTUK MEMBANGUN ANTUSIASME SISWA DALAM KEGIATAN LITERASI DIGITAL
13 min
Implementasi Pembelajaran PAI Materi Asmaul Husna Melalui Metode “Field Trip School”

AFWAN YAZID

Oct 06, 2023
3 min
Menarik Untuk Guru! Merancang Dialog Pedagogik Siswa Untuk Berpikir Kritis Dan Kreatif dengan Model

Hafecs HRP

Nov 30, 2021
6 min
Menumbuhkan Kemandirian dan Kepercayaan Diri: Strategi Terbaik dalam Mengembangkan Sosial Emosional Peserta Didik
3 min
Belajar Public Speaking, Tips Lancar Ngomong Saat Presentasi

Reezky Pradata

Sep 10, 2021
1 min
Berbagai Tantangan Pembelajaran Berdiferensiasi
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar